Menu Close

Skrining TBC di Prodia Sampit, Bagaimana Prosedurnya?

Anda mungkin sudah familiar dengan TBC atau tuberkulosis, yaitu penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi kuman. Untuk mendeteksi penyakit ini, diperlukan pemeriksaan atau skrining khusus TBC. Bagi Anda yang tinggal di kawasan Mentawa Baru Hilir, Anda bisa melakukan skrining TBC di Prodia Sampit.

Prodia merupakan laboratorium klinik yang menyediakan berbagai layanan pemeriksaan laboratorium. Ada banyak sekali jenis pemeriksaan yang bisa Anda lakukan di Prodia, salah satunya adalah skrining TBC. 

Bagaimana skrining TBC di Prodia Sampit dilakukan?

Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan guna mendeteksi TBC. Berikut ini beberapa prosedurnya: 

  • Tes darah

Tes yang cukup umum adalah tes darah. Tes darah akan membantu mengidentifikasi apabila ada bakteri penyebab tuberkulosis.

Biasanya, tes darah sangat efektif apabila Anda memiliki risiko tinggi untuk terkena TBC, namun memiliki hasil pemeriksaan yang negatif ketika sudah melakukan pemeriksaan TBC melalui tes darah. 

  • Tes melalui kulit

Kebanyakan skrining TBC dilakukan melalui tes kulit terlebih dahulu. Tes kulit ini dilakukan dengan melarutkan jarum suntik ke larutan khusus, kemudian disuntikkan ke bagian bawah kulit di lengan Anda. 

Setelah itu, pihak laboratorium Prodia Sampit akan menunggu 48 hingga 72 jam untuk memeriksa adanya pembengkakan di tempat bekas suntikan. Jika muncul benjolan yang merah dan keras, maka kemungkinan besar Anda sudah terinfeksi dan menderita TBC. 

  • Tes pencitraan

Meskipun tes kulit dan tes darah paling sering dilakukan untuk pemeriksaan TBC, terkadang tes pencitraan juga diperlukan untuk mendukung proses diagnosa. Tes pencitraan ini meliputi X-Ray, CT Scan, atau MRI.

Terkadang, bakteri TBC juga bisa muncul di bagian lain di luar paru-paru. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan memerlukan pemeriksaan lebih lanjut melalui tes pencitraan. 

Membaca hasil pemeriksaan skrining TBC

Ada beberapa hasil yang bisa saja Anda temukan ketika sudah melakukan skrining TBC di Prodia Sampit. Hasil tes akan menunjukkan salah satu dari kemungkinan berikut: 

  • Hasil positif

Hasil positif menandakan bahwa tubuh Anda telah terinfeksi oleh bakteri TBC. Ini akan membuat seseorang menjadi sangat sensitif terhadap injeksi, sehingga akan mudah terlihat ketika Anda melakukan tes kulit. 

  • Hasil negatif

Hasil negatif menandakan bahwa Anda kemungkinan besar tidak terkena penyakit TBC. Bukan hanya tidak menunjukkan gejala, hasil tes ini juga akan memperlihatkan bahwa kulit Anda tidak terlihat adanya reaksi yang umum terjadi ketika seseorang positif.

  • Hasil positif palsu

Perlu diketahui, ada kemungkinan bahwa hasil pemeriksaan TBC di Prodia Sampit juga menunjukkan hasil positif palsu. Ini terjadi bukan karena adanya kesalahan dalam pemeriksaan.

Ini bisa terjadi apabila Anda sebelumnya sudah pernah menerima vaksin  bacillus Calmette-GuĂ©rin (BCG). Selain itu, positif palsu juga bisa terjadi apabila tubuh Anda terinfeksi oleh bakteri lain yang mirip dengan TBC. 

  • Hasil negatif palsu

Anda juga perlu mewaspadai kemungkinan hasil negatif palsu. Ini bisa saja terjadi apabila Anda baru sajak terinfeksi saat sistem kekebalan tubuh sangat lemah.

Karena baru sekali terinfeksi, bisa saja hasil tes tidak mampu mendeteksi keberadaan TBC. Alhasil, Anda pun mendapatkan hasil negatif palsu dari skrining TBC tersebut.

Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi lebih dulu dengan dokter sebelum melakukan skrining TBC di Prodia Sampit. Dokter akan memberikan arahan mengenai waktu tepat melakukan pemeriksaan agar tidak mendapatkan hasil yang palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *