Menu Close

Nivea Men Oil Control dan Penyebab Kulit Berminyak

Setiap orang memiliki minyak di kulitnya. Di bawah setiap pori-pori Anda adalah kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak alami dan disebut sebum. Minyak membantu menjaga kulit Anda terhidrasi dan sehat. Namun, pada beberapa orang, kelenjar sebaceous dapat menghasilkan terlalu banyak minyak. Alhasil, kondisi ini menciptakan kulit berminyak. Kondisi ini sebenarnya bisa Anda atasi menggunakan Nivea Men Oil Control. angkut di pori-pori Anda.

Penyebab kulit berminyak antara lain faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup. Meskipun Anda tidak dapat serta merta menghilangkan kulit berminyak, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membuat kulit tidak terlalu berminyak. Kuncinya adalah mengidentifikasi satu atau lebih dari tujuh penyebab mendasar ini.

1. Genetika

Kulit berminyak cenderung menurun dalam keluarga. Jika salah satu orang tua memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar Anda juga memiliki kelenjar sebaceous yang terlalu aktif.

2. Usia

Kulit Anda memang akan menghasilkan lebih sedikit sebum seiring bertambahnya usia. Kulit yang menua kehilangan protein, seperti kolagen, dan kelenjar sebaceous melambat. Inilah sebabnya mengapa banyak orang yang memiliki kulit yang menua juga memiliki kulit kering. Hal ini juga merupakan ketika garis-garis halus dan kerutan lebih terlihat karena kurangnya kolagen dan sebum.

Salah satu manfaat kulit berminyak adalah Anda mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan secepat rekan sebaya yang memiliki kulit lebih kering. Anda mungkin memiliki kulit berminyak sekarang, tetapi Anda harus mengevaluasi kulit seiring bertambahnya usia. Bahkan orang berusia 30-an mungkin tidak memiliki komposisi kulit yang sama seperti saat remaja dan 20-an.

3. Kondisi cuaca

Sementara genetika dan usia mendorong penyebab yang mendasari kulit berminyak, faktor cuaca ternyata dapat membuat perbedaan. Orang cenderung memiliki kulit lebih berminyak di iklim panas dan lembab. Anda juga cenderung memiliki lebih banyak minyak di kulit Anda selama musim panas daripada di musim hujan.

4. Pori-pori membesar

Terkadang pori-pori bisa meregang karena usia, fluktuasi berat badan, dan jerawat sebelumnya. Pori-pori yang lebih besar juga cenderung menghasilkan lebih banyak minyak. Anda tidak dapat mengecilkan pori-pori, tetapi Anda dapat lebih berhati-hati untuk membersihkan area wajah dengan pori-pori yang membesar sepanjang hari menggunakan Nivea Men Oil Control.

5. Tidak menggunakan pelembab 

Adalah mitos bahwa pelembab menyebabkan kulit berminyak. Padahal, jika Anda menggunakan perawatan jerawat seperti asam salisilat atau benzoil peroksida, Anda pasti membutuhkan pelembab yang baik agar kulit tidak kering. Tanpa pelembab, semua jenis kulit akan mengering.

Jadi, daripada melewatkan pelembab, kuncinya adalah menemukan jenis pelembab yang tepat. Pelembab ringan berbasis air bekerja dengan baik untuk kulit berminyak. Selalu jadikan ini sebagai langkah terakhir Anda setelah membersihkan dan mengencangkan. 

6. Melakukan rutinitas perawatan kulit secara berlebihan

Sebaliknya, terlalu sering mencuci muka atau melakukan eksfoliasi juga bisa membuat kulit Anda berminyak. Hal ini bisa tampak seperti sebuah oxymoron, karena tujuan mencuci dan mengelupas adalah untuk menghilangkan minyak.

Tetapi jika Anda melakukan ini terlalu sering, Anda akan menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit. Kondisi ini dapat menyebabkan kelenjar sebaceous masuk ke mode darurat, di mana mereka menghasilkan lebih banyak minyak untuk menebus kehilangan. 

Anda hanya perlu mencuci kulit dua kali sehari untuk mencegah minyak berlebih. Selain itu, tidak menggunakan tabir surya juga dapat mengeringkan kulit Anda, yang menyebabkan produksi sebum lebih banyak. Pastikan Anda memakai tabir surya setiap hari. 

7. Menggunakan produk perawatan kulit yang salah

Kulit berminyak juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang salah untuk jenis kulit Anda. Beberapa orang salah mengira kulit kombinasi sebagai kulit berminyak, dan mereka mungkin menggunakan krim yang terlalu berat.

Jika Anda memiliki kulit yang lebih kering selama bulan-bulan musim hujan, Anda mungkin perlu mengubah rencana perawatan kulit saat musim kemarau dengan pelembab ringan dan pembersih berbasis gel.

Menggunakan produk perawatan kulit yang tepat seperti Nivea Men Oil Control dapat membuat perbedaan besar dalam jumlah minyak yang tersisa di wajah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *