Menu Close

Mengetahui Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun dan Mengatasinya dengan Sanbe Kids Emulsi

sanbe

Nafsu makan anak turun seringkali membuat orang tua pusing. Bahkan, orang tua sudah menyiapkan makanan kesukaan anak tetap saja terkadang si kecil tidak nafsu makan. Penting bagi orang tua untuk mengatasi hal ini agar anak tetap mendapatkan gizi seimbang. Salah satu cara mengembalikan nafsu makan anak adalah dengan memberikannya Sanbe Kids Emulsi.

Nafsu makan yang menurun pada saat tertentu masih terbilang normal. Namun, jika penurunan nafsu makan disertai dengan beberapa gejala lainnya seperti penurunan berat badan, Anda harus mewaspadai dan segera menanganinya.

Sebelum mengetahui lebih lanjut cara mengatasi anak yang tidak nafsu makan, Anda juga perlu mengenali penyebab nafsu makan anak menurun.

Penyebab Nafsu Makan Anak Menurun.

Beberapa penyebab umum nafsu makan anak menurun, diantaranya:

Stres

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami stres karena berbagai hal. Saat sedang stres, banyak efek negatif yang dapat muncul, termasuk penurunan nafsu makan yang disertai dengan sulit tidur.

Stres pada anak dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti kehilangan anggota keluarga, kematian hewan peliharaan, bullying, ketidakmampuan dalam mengatasi tekanan akademis, dan lainnya. Maka dari itu, orang tua harus mengidentifikasi permasalahan yang sedang dihadapi anak untuk menangani penurunan nafsu makannya.

Kondisi kesehatan

Saat mengalami gangguan kesehatan, nafsu makan anak juga cenderung menurun. Beberapa penyakit yang sering menjadi penyebab nafsu makan anak menurun adalah seperti sakit tenggorokan, sakit perut, diare, sakit kepala, demam, dan lainnya. Jika kondisi kesehatan anak sudah mulai pulih, biasanya nafsu makan juga akan kembali.

Anemia

Penyebab nafsu makan anak menurun selanjutnya adalah anemia. Selain nafsu makan menurun, jika anemia tidak segera ditangani maka dapat mengganggu tumbuh kembang dan aktivitas belajar anak.

Cacing usus

Cacing yang berada pada sistem pencernaan bersifat parasit. Jika tidak segera ditangani, anak dapat mengalami penurunan nafsu makan, disentri, hingga pendarahan usus.

Pertumbuhan yang melambat

Pada tahun pertama, anak-anak cenderung tumbuh lebih cepat. Namun, setelah itu tumbuh kembangnya akan melambat dan menyebabkan kemerosotan nafsu makan.

Beberapa orang tua mungkin akan khawatir dengan kondisi ini. Namun, hal ini masih terbilang normal karena anak ada pada fase negativistik. Fase negativistik adalah dimana anak berusia diantaranya 18 bulan hingga 3 tahun. Anak mulai belajar untuk menolak berbagai hal yang tidak disukai dan egonya sudah mulai tumbuh. Maka dari itu, orang tua perlu menjalin komunikasi yang baik dengan anak.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan nafsu makan anak menurun, orang tua harus mengetahui cara mengatasinya. Beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan nafsu makan anak, diantaranya:

Membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik

Makanan yang berwarna dan unik bisa membuat anak tertarik dan bersemangat untuk menyantapnya. Anda bisa mengombinasikan beberapa sayuran dengan warna yang berbeda. Namun, pastikan juga makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Menyiapkan menu yang berbeda tiap harinya

Agar anak tidak bosan, orang tua dapat menyajikan menu yang berbeda setiap harinya. Selain itu, dengan menu yang berbeda anak akan lebih penasaran dengan makanan yang baru dilihatnya.

Goda dengan aroma makanan

Seperti orang dewasa, anak-anak juga dapat tertarik dengan aroma makanan yang menyenangkan dan menggoda. Anda bisa menyajikan makanan hangat yang baru selesai dimasak.

Selain hal-hal diatas, orang tua juga dapat memberikan anak suplemen yang berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan anak seperti Sanbe Kids Emulsi. TIdak hanya meningkatkan nafsu makan, suplemen ini juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin, kalsium, dan asam amino pada anak.

Sanbe Kids Emulsi mengandung lisin HCl dan ekstrak kurkuma yang dapat diandalkan saat nafsu makan anak menurun akibat gangguan mental, peradangan, hingga gangguan di saluran cerna. Suplemen ini juga mampu menunjang kesehatan fungsi saraf serta melancarkan metabolisme protein dan energi.

Kandungan dan Aturan Pakai Sanbe Kids Emulsi

Tiap 15 ml Sanbe Kids Emulsi memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Vitamin A 850 IU
  • Vitamin D 100 IU
  • Vitamin B1 3 mg
  • Vitamin B2 2 mg
  • Vitamin B6 5 mg
  • Vitamin B12 5 mcg
  • Nikotinamida 3 mg
  • Kolin 12 mg
  • Lisin HCl 100 mg
  • Kalsium hipo fosfat 500 mg
  • Minyak hati ikan kod 8 mg
  • Ekstrak kurkuma 12 mg

Suplemen ini dapat dikonsumsi setelah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Anak usia 1-6 tahun sebanyak 15 ml, 1 kali sehari
  • Anak usia 6-12 tahun sebanyak 15 ml, 2 kali sehari

Sanbe Kids Emulsi tidak bisa menggantikan nutrisi utuh dari makanan sehat, sehingga orang tua tetap harus memberikan anak makanan yang bergizi seimbang. Simpan suplemen ini pada tempat yang kering, sejuk, dan terhindar dari cahaya matahari untuk menjaga kualitasnya.

Referensi:

https://toko.sehatq.com/produk/sanbe-kids-emulsi-200-ml diakses 11 Juli 2021

https://hot.liputan6.com/read/4302367/6-penyebab-nafsu-makan-anak-menurun-dan-cara-mengatasinya diakses 11 Juli 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *