Menu Close

Ketahui Prosedur Tes Hematologi Saat Cek Pra Nikah

Saat Anda ingin menikah, hal yang dipersiapkan bukan hanya persoalan baju pengantin, makeup atau pesta pernikahan saja. Melainkan, Anda dan calon pasangan juga harus mempersiapkan diri untuk persoalan kesehatan. Oleh karena itu, Anda dan pasangan membutuhkan cek pra nikah.

Dengan melakukan cek pra nikah terlebih dahulu, maka Anda dan pasangan bisa mengetahui kondisi kesehatan masing-masing. Selain itu, Anda juga bisa mencegah terjadinya penyakit menular yang bisa menular kepada Anda atau calon anak Anda kelak. Tak hanya itu saja, cek pra nikah juga dapat berguna untuk mencegah terjadinya masalah pada kesehatan, adanya penyakit yang diwariskan atau keturunan, serta keterbatasan yang dapat terjadi pada calon anak Anda.

Cek pra nikah dapat dilakukan kapan saja, akan tetapi lebih baik dilakukan dalam waktu 3 hingga 6 bulan sebelum melangsungkan pernikahan. Hal ini dilakukan agar jika ada masalah kesehatan, bisa segera dilakukan tindakan pengobatan untuk meminimalisir risiko yang mungkin bisa ditimbulkan.

Salah satu tes yang dilakukan saat cek pra nikah adalah tes hematologi lengkap.

Tes hematologi lengkap adalah tes darah yang digunakan untuk mengevaluasi kesehatan Anda secara keseluruhan dan mendeteksi berbagai gangguan, termasuk anemia, infeksi dan leukemia.

Tes hitung darah lengkap mengukur beberapa komponen dan fitur darah, termasuk:

  • Sel darah merah, yang berfungsi untuk membawa oksigen
  • Sel darah putih, yang bertugas untuk  melawan infeksi
  • Hemoglobin, protein pembawa oksigen dalam sel darah merah
  • Hematokrit, proporsi sel darah merah dengan komponen cairan, atau plasma, dalam darah
  • Trombosit, yang bertugas membantu pembekuan darah.

Prosedur Tes Hematologi Lengkap

Pelaksanaan tes hematologi lengkap hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Petugas kesehatan atau teknisi laboratorium akan mengambil sampel darah dengan memasukkan jarum ke pembuluh darah di lengan. Setelah itu, Anda dapat pergi dan kembali ke rutinitas Anda. Kemudian petugas kesehatan akan mengirim darah ke laboratorium untuk diperiksa.

Hasil Tes Hematologi

Saat Anda mendapatkan hasil tes hematologi yang dilakukan untuk cek pra nikah, Anda biasanya akan melihat dua kolom, yaitu “rentang referensi” dan hasil Anda. Jika hasil Anda berada di dalam rentang referensi, maka hasilnya dianggap normal. Jika hasil Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari rentang referensi, maka hasilnya tidak normal. Anemia ringan adalah salah satu alasan paling umum mengapa hasil Anda mungkin tidak sesuai.

Setiap laboratorium klinik memiliki cara yang berbeda untuk memeriksa darah Anda. Jadi rentang referensi akan tergantung pada lab yang menangani tes darah Anda. Hal ini juga didasarkan pada hal-hal yang dapat memengaruhi darah Anda seperti usia, jenis kelamin Anda, dan seberapa tinggi Anda tinggal di atas permukaan laut.

Secara umum, rentang referensi adalah:

  • Sel darah putih: 4.500 hingga 11.000 sel per mikroliter (sel/mcL)
  • Sel darah merah: 4,5 juta hingga 5,9 juta sel/mcL untuk pria; 4,1 juta hingga 5,1 juta sel/mcL untuk wanita
  • Hemoglobin: 14 hingga 17,5 gram per desiliter (gm/dL) untuk pria; 12,3 hingga 15,3 gm/dL untuk wanita
  • Hematokrit: 41,5% hingga 50,4% untuk pria; 35,9% hingga 44,6% untuk wanita
  • Rata-rata volume sel darah: 80 hingga 96
  • Trombosit: 150.000 hingga 450.000 trombosit/mcL

Tes hematologi lengkap merupakan salah satu pemeriksaan yang penting dilakukan saat cek pra nikah. Hal ini karena dapat mengetahui potensi atau kondisi kesehatan Anda seperti anemia. Anemia sendiri juga dapat berbahaya apalagi bagi pasangan yang ingin segera memiliki keturunan.

Referensi:

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/complete-blood-count/about/pac-20384919

Diakses pada 1 Agustus 2021

WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/complete-blood-count

Diakses pada 1 Agustus 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *