Menu Close

Ketahui Cara Mengobati Batuk dengan Vicks Formula 44

Vicks Formula 44 obat batuk

Vicks Formula 44 merupakan salah satu obat yang berbentuk sirup dan dapat digunakan untuk mengobati batuk. Vicks Formula 44 memiliki kandungan seperti dekstrometorfan Hbr yang berguna untuk meredakan frekuensi batuk.

Batuk sendiri merupakan suatu tindakan refleks dari tubuh yang berfungsi untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau zat asing yang dapat mengiritasi. Batuk yang berlangsung kurang dari tiga minggu biasanya disebut dengan batuk akut. 

Jika batuk berlangsung selama tiga hingga delapan minggu, dan membaik pada akhir periode tersebut, maka batuk tersebut disebut sebagai batuk subakut. Batuk yang berlangsung terus menerus bahkan bisa lebih dari delapan minggu disebut dengan batuk kronis.

Penyebab Batuk

Batuk bisa diobati dengan obat bebas yang dijual di apotek seperti Vicks Formula 44. Akan tetapi, sebelum mencari obatnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab batuk. Berikut penyebab batuk yang perlu Anda ketahui.

Mekanisme Tubuh untuk Membersihkan Tenggorokan

Batuk adalah suatu mekanisme otomatis yang sering terjadi pada tubuh yang berfungsi untuk membersihkan tenggorokan. Saat saluran udara tersumbat karena ada lendir atau partikel asing, maka otak akan memerintahkan otot untuk melakukan batuk yang berfungsi untuk membersihkan partikel sehingga memudahkan pernapasan. Pada umumnya, batuk jenis jarang terjadi, tetapi bisa meningkat frekuensinya tergantung faktor lingkungan seperti paparan zat iritan atau asap.

Virus dan Bakteri

Penyakit infeksi saluran pernapasan seperti pilek atau flu merupakan salah satu penyebab batuk. Infeksi saluran pernapasan yang ditimbulkan karena virus biasanya berlangsung beberapa hari hingga seminggu. Sedangkan infeksi karena bakteri biasanya memerlukan obat antibiotik untuk mengatasinya.

Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menimbulkan batuk. Batuk yang disebabkan karena kebiasaan merokok pada umumnya termasuk dalam jenis batuk kronis dengan suara yang khas yang sering disebut sebagai batuk perokok.

Asma

Batuk karena asma biasanya diiringi dengan gejala seperti mengi, sehingga mudah untuk diidentifikasi. Asma bisa diatasi dengan menggunakan inhaler.

Konsumsi Obat Tertentu

Beberapa obat ada yang menimbulkan terjadinya batuk seperti obat angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan kondisi jantung.

Batuk juga bisa diakibatkan karena kondisi lain seperti:

  • kerusakan pada pita suara
  • tetesan dari postnasal
  • infeksi karena bakteri seperti pneumonia, batuk rejan, dan croup
  • kondisi yang serius seperti emboli paru dan gagal jantung.

Tak hanya itu, ada kondisi umum lainnya yang dapat menimbulkan batuk kronis yaitu penyakit refluks gastroesofageal (GERD). 

Pengobatan Batuk

Batuk bisa sembuh atau membaik dalam waktu dua minggu. Akan tetapi, jika batuk tidak kunjung membaik, maka Anda perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui masalah tersebut.

Anda juga bisa mengonsumsi obat yang dijual bebas seperti Vicks Formula 44. Vicks Formula 44 mengandung komposisi bahan seperti Hbr 5 mg dan doksilamin suksinat 2 mg. Kandungan dekstrometorfan Hbr berfungsi untuk mengurangi frekuensi batuk. Sedangkan kandungan doksilamin suksinat berfungsi untuk meredakan bersin akibat alergi yang disebabkan karena faktor eksternal seperti debu.

Jangan khawatir saat menggunakan Vicks Formula 44 sebagai obat batuk, karena jarang menyebabkan kantuk, mual, pusing dan konstipasi. 

Selain itu, Anda juga perlu menghindari mengonsumsi obat Vicks Formula 44 jika mengalami kondisi seperti:

  • penderita mengalami kepekaan terhadap salah satu kandungan obat Vicks Formula 44
  • pasien memiliki gangguan kesehatan yaitu asma bronkial
  • pasien menderita glaukoma (kerusakan pada saraf mata akibat adanya tekanan yang berlebihan di bola mata.

Untuk Anda yang ingin menggunakan Vicks Formula 44 sirup, Anda bisa membelinya dengan harga Rp28.000 untuk kemasan isi 100 mL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *