Menu Close

Ketahui Cara Mengobati Jari Kaki Kesemutan

Ketahui Cara Mengobati Jari Kaki Kesemutan

Jari kaki kesemutan adalah suatu sensasi seperti tertusuk jarum di kaki, yang dapat diakibatkan karena beberapa hal seperti cedera, duduk dalam satu posisi untuk waktu yang cukup lama, ukuran sepatu tidak pas, hingga karena masalah sirkulasi darah yang mengganggu aliran darah ke kaki. 

Beberapa kondisi kronis yang dapat menyebabkan jari kaki kesemutan, termasuk:

  • diabetes dan neuropati diabetik
  • multipel sklerosis (MS)
  • hipotiroidisme
  • Sindrom terowongan tarsal (TTS)
  • gagal ginjal
  • Penyakit Charcot-Marie-Tooth (CMT)
  • penyakit autoimun
  • infeksi
  • gangguan penggunaan alkohol dan neuropati alkoholik.

Pengobatan Jari Kaki Kesemutan

Jari kaki kesemutan dapat diobati dengan melihat penyebab yang mendasarinya, seperti berikut ini.

Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyebab paling umum dari kesemutan terus-menerus di kaki. Neuropati diabetik adalah hasil dari kerusakan saraf yang disebabkan oleh gula darah tinggi. Diabetes dapat dikelola dengan melakukan perubahan gaya hidup dan menggunakan obat-obatan, seperti insulin.

Multiple Sclerosis (MS)

Multiple sclerosis (MS) adalah suatu penyakit pada sistem saraf pusat yang menyebabkan sistem kekebalan menyerang lapisan pelindung pada saraf, atau selubung mielin. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan saraf dan gangguan komunikasi antara otak dan tubuh. Jari kaki kesemutan atau mengalami  mati rasa di tubuh, wajah, dan ekstremitas (tangan dan kaki) adalah salah satu gejala MS yang paling umum.

Meskipun sekarang masih tidak ada obat untuk MS, ada banyak pilihan pengobatan yang tersedia untuk membantu memperlambat perkembangan penyakit MS dan mengelola gejalanya.

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme adalah suatu kondisi di mana tiroid kurang aktif dan tidak dapat menghasilkan cukup hormon tiroid untuk mendukung kebutuhan tubuh. Gejala hipotiroidisme mungkin tampak seperti gejala ringan, atau mungkin mudah disebabkan oleh kondisi lain pada awalnya. 

Hipotiroidisme yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi yang lebih parah, termasuk neuropati perifer. Neuropati perifer merupakan suatu kondisi di mana terdapat kerusakan pada saraf perifer. Jari kaki kesemutan dan mati rasa adalah salah satu efek dari neuropati perifer.

Perawatan atau pengobatan biasanya melibatkan penggunaan hormon tiroid sintetis oral yang disebut levothyroxine. Dokter akan memantau kadar TSH Anda dan menyesuaikan dosis levothyroxine sesuai kebutuhan. Pengobatan untuk hipertiroidisme biasanya seumur hidup.

Tarsal tunnel syndrome (TTS)

Tarsal tunnel syndrome (TTS) dapat menyebabkan rasa sakit, jari kaki kesemutan, atau sensasi terbakar di pergelangan kaki, tumit, atau kaki. Kondisi ini dapat disebabkan karena kompresi saraf tibialis yang membentang di sepanjang bagian dalam pergelangan kaki dan kaki.

Pengobatan untuk TTS akan bervariasi tergantung pada individu dan gejalanya. Jika Anda didiagnosis menderita TTS, Anda mungkin dianjurkan untuk beristirahat, dan minum obat antiinflamasi, atau memakai ortotik untuk memperbaiki posisi kaki. Pengobatan lain termasuk terapi fisik atau suntikan kortikosteroid dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit atau peradangan. Jika gejalanya parah atau tetap ada meskipun telah diobati, dokter dapat merekomendasikan operasi untuk dekompresi saraf.

Gagal Ginjal

Gagal ginjal dapat menyebabkan jari kaki kesemutan. Gagal ginjal dapat memiliki banyak penyebab, tetapi pada umumnya adalah diabetes dan tekanan darah tinggi. Perawatan atau pengobatan untuk gagal ginjal pada umumnya dengan dialisis dan transplantasi ginjal.

Penyakit Charcot-Marie-Tooth (CMT)

Penyakit Charcot-Marie-Tooth (CMT) adalah sekelompok gangguan saraf tepi yang mengakibatkan atrofi dan kelemahan otot, hilangnya sensasi pada ekstremitas, dan kontraksi otot. Jari kaki kesemutan, mati rasa, atau sensasi terbakar di tangan dan kaki adalah gejala CMT.

Pengobatan dapat membantu mengelola gejala. Dokter atau ahli saraf juga dapat menyarankan:

  • terapi okupasi untuk membantu menyelesaikan aktivitas sehari-hari
  • terapi fisik untuk mencegah atau menunda kelemahan otot dan deformitas
  • penggunaan kawat gigi atau belat
  • konsumsi obat untuk mengatasi rasa sakit
  • makan makanan padat nutrisi dan hanya minum alkohol secukupnya.

Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun terjadi ketika tubuh menyerang dirinya sendiri. Sejumlah penyakit autoimun dapat menyebabkan jari kaki kesemutan. Perawatan untuk penyakit autoimun bervariasi. Pengobatan yang dilakukan termasuk perubahan pola makan dan obat-obatan.

Infeksi

Sejumlah infeksi dapat menyebabkan peradangan saraf, yang dapat menyebabkan kaki atau jari kaki kesemutan. Infeksi ini meliputi penyakit Lyme, herpes zoster, hepatitis B dan C, HIV AIDS, penyakit Hansen. Pengobatan yang dilakukan akan bervariasi tergantung pada infeksi yang dialami, tetapi kemungkinan akan mencakup konsumsi obat-obatan.

Gangguan Penggunaan Alkohol dan Neuropati Alkoholik

Kebiasaan mengonsumsi alkohol secara teratur dapat menyebabkan neuropati alkoholik, yaitu kerusakan pada saraf perifer akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. Diperkirakan 46,3 persen orang yang menyalahgunakan alkohol secara kronis mengalami neuropati perifer. Orang yang mengembangkan neuropati alkoholik mungkin mengalami kaki atau jari kaki kesemutan, tangan, atau anggota badan mereka yang berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Gangguan penggunaan alkohol juga dikaitkan dengan malnutrisi dan defisiensi vitamin. Oleh karena itu, menentukan apakah kondisi ini disebabkan oleh neuropati alkoholik atau neuropati yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi dapat menjadi sulit.

Langkah paling penting dalam mengobati neuropati alkoholik adalah mempertimbangkan untuk berhenti minum dan mencari pengobatan untuk gangguan penggunaan alkohol, serta dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin.

Seorang petugas medis juga bisa meresepkan terapi fisik atau obat nyeri untuk mengatasi nyeri dan jari kaki kesemutan. Namun, bahkan jika seseorang berhenti minum, gejala neuropati alkoholik mungkin permanen atau akan tetap muncul kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *