Menu Close

Cara Mengonsumsi Hemaviton Action yang Tepat

hemaviton action

Berbagai macam multivitamin seperti Hemaviton Action kerap dikonsumsi untuk mengembalikan stamina tubuh dan menjaga kesehatan. Suplemen multivitamin biasanya diminum untuk membantu menambah kekurangan asupan vitamin harian Anda.

Sesuai namanya, multivitamin mengandung banyak jenis vitamin, yang paling umum adalah vitamin A, B kompleks, serta vitamin C, D, E, dan K dan beberapa tambahan mineral lainnya. Meskipun sehat, namun mengonsumsi multivitamin tidak bisa sembarangan.

Apa itu Hemaviton Action?

Hemaviton Action adalah salah satu jenis suplemen multivitamin berbentuk kapsul. Suplemen ini berfungsi untuk mengembalikan stamina, terutama setelah aktivitas yang padat atau olahraga intensitas berat.

Di dalamnya terkandung multivitamin, mineral, kreatin, ginseng, dan guaranin, yang sudah terbukti bermanfaat untuk melancarkan kinerja metabolisme, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan energi.

Tubuh Anda akan kembali segar, tidak mudah lelah dan terserang penyakit dengan mengonsumsi Hemaviton Action. Agar bisa mendapatkan daya tahan tubuh maksimal, sertai dengan menjalani pola hidup yang sehat, istirahat yang cukup. 

Hemaviton Action sebaiknya diminum kapan?

Mengonsumsi multivitamin tidak bisa dilakukan sembarangan, sebab tiap vitamin dapat bekerja secara maksimal di waktu tertentu yang berbeda-beda. Lantas, kapan waktu terbaik untuk minum Hemaviton Action?

Menurut anjuran yang tertera pada kemasan, suplemen ini sebaiknya dikonsumsi setelah makan dengan dosis 1 kapsul sebanyak 2 kali per hari. 

Akan tetapi, secara umum tidak ada waktu yang tepat untuk mengonsumsi multivitamin karena bisa saja memiliki kandungan yang berbeda. Contoh vitamin B kompleks bekerja dengan optimal dalam keadaan perut kosong, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

Banyak pakar kesehatan yang menganjurkan mengonsumsi multivitamin di pagi hari sebelum beraktivitas. Sebab, ada beberapa efek samping yang bisa timbul bila mengonsumsi vitamin pada malam hari sebelum tidur, seperti heartburn dan sakit perut.

Kemudian perlu juga melihat kandungan lainnya. Suplemen Hemaviton Action mengandung ekstrak ginseng, yang bisa menimbulkan gangguan tidur, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi pada malam hari.

Kapanpun Anda akan mengonsumsi multivitamin sebenarnya tidak masalah, yang terpenting adalah tidak mengonsumsinya lebih dari dosis yang direkomendasikan. 

Agar dapat diserap secara optimal, konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K dengan cemilan ringan.

Bahaya konsumsi multivitamin

Meskipun mengandung bahan-bahan yang baik untuk tubuh dan bahkan membantu meningkatkan kesehatan secara umum, suplemen multivitamin juga memiliki bahaya efek sampingnya sendiri. Inilah alasan mengapa multivitamin tidak boleh dikonsumsi melebihi dosis yang dianjurkan.

Beberapa orang juga sebaiknya tidak mengonsumsi multivitamin tertentu. Misalnya, Hemaviton Action jangan dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat alergi atau hipersensitif terhadap salah satu kandungannya, ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak.

Kemudian, penggunaan multivitamin dalam jangka panjang juga belum tentu memberikan manfaat dan bisa jadi justru meningkatkan risiko bahaya pada kesehatan. 

Suplemen multivitamin tidak bisa jadi andalan penambah vitamin, sebaiknya hanya dijadikan pelengkap terutama jika Anda tidak memiliki pola makan yang meliputi porsi buah dan sayuran yang cukup. Serta apabila Anda mengalami kondisi kesehatan yang memerlukan tambahan multivitamin. 

Jika Anda tidak berada dalam kedua situasi di atas, maka konsumsi multivitamin bisa saja tidak memberikan manfaat. Apalagi, suplemen multivitamin cenderung mengandung 100 persen jumlah asupan rekomendasi harian.

Sejumlah penelitian menyatakan konsumsi multivitamin setiap hari dalam jangka panjang bisa membahayakan kesehatan tubuh, seperti risiko mengalami kanker kulit, diare, masalah jantung, hati, cacat lahir, gangguan pencernaan dan kognitif.

Untuk vitamin C, kecil kemungkinannya Anda bisa mengalami overdosis melalui asupan makanan sehari-hari dan vitamin ini tidak dapat disimpan di dalam tubuh. Akan tetapi konsumsi yang tinggi melalui suplemen multivitamin bisa menyebabkan batu ginjal.

Hemaviton Action juga mengandung ginseng, sebuah rempah yang telah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Walau memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, tapi herbal ini tidak bisa dikonsumsi dalam kondisi:

  • masalah tekanan darah
  • gangguan jantung (contoh, aritmia)
  • gangguan perdarahan
  • skizofrenia
  • gangguan sistem imun
  • masalah kesehatan wanita yang disebabkan oleh estrogen (contoh, kanker payudara atau endometriosis)
  • diabetes
  • insomnia

Apabila Anda mengalami gejala efek samping setelah mengonsumsi suplemen multivitamin, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. 

Anda bisa meminimalisir risiko-risiko tersebut dengan hanya mengonsumsi suplemen multivitamin seperti Hemaviton Action saat dibutuhkan. Selebihnya, selalu usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat, tinggi gizi dan nutrisi, serta bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *